Desain Interior Kantor Gaya Skandinavia
Desain kantor Ruko

Desain Interior Kantor Gaya Skandinavia

Desain interior kantor perusahaan investasi Hong Kong ini menginginkan penataan ruang kantor yang menyuguhkan ketenangan bagi para staf. Gaya skandinavia terlihat dari suasana tenang atmosfir kantor ini.

Bentang alami pinggir pantai kota Hong Kong telah memberi inspirasi bagi arsitek Buan Buro ketika mendesain interior kantor Sapientia-Hong Kong. Ia menciptakan interior Sapientia Investment layaknya sebuah oase. Sebuah lingkungan yang menawarkan ketenangan dari padatnya kota Hong Kong.

Desain Interior kantor perusahaan investasi Hong Kong ini seperti menyajikan gema pegunungan dan gemericik air ke dalam ruang.

Oase, Inspirasi dari Atas Menara

Ide mencitrakan Sapientia Investment sebagai sebagai sebuah oase terinspirasi dari pemandangan menakjubkan kota Hong Kong dari menara International Finance Centre (IFC).

Gedung IFC itu sendiri merupakan bagian dari pengembangan wilayah komersil terpadu di tepi pantai bagian tengah kota Hong Kong. Gedung dengan dua buah menara ini menjadi lokasi kantor Sepientia Investment.

Dari atas dua menara gedung ini, nampak bentang alami lanskap dan topografi pinggir pantai kota Hong Kong. Buan Buro, arsitek yang dipercaya untuk mendesain interior kantor salah satu perusahaan keuangan di kota Kong Kong ini kemudian mengambil inspirasi panorama tersebut sebagai ide desain. Ia ditugaskan untuk mendesain interior kantor yang memberi ketenenangan bagi penghuni Sepientia Investment.

Ide desain interior kantor konsep oase tidak hanya mampu menciptakan suasana yang menenangkan bagi para staf tetapi juga menghadirkan suasana yang berbeda dari lanskap kota Hong Kong yang begitu padat.

Arsitek Buan Buro seolah sedang menyodorkan sebuah lingkungan yang nyaman dengan pemandangan dari padatnya sebuah kota.

Secara samar, Buan Buro sedang mencitrakan Sapientia Investment sebagai sebuah oase. Sebuah tempat yang menenangkan di distrik keuangan terbesar dan tersibuk di dunia.

desain interior kantor terbuka 06

Interior kantor terbuka view lanskap laut Hong Kong

Desain Interior Kantor Terbuka Gaya Skandinavia

Aplikasi desain interior kantor desain terbuka pada kantor ini nampak dari suguhan pemandangan yang menakjubkan dari atas dua menara IFC. Memberikan view pantai dari ruang kerja staf yang didesain terbuka memungkinkan para staf bekerja sambil menikmati panorama alam kota pantai.

Material kaca dipilih untuk dinding partisi dalam memungkinkan view ke luar ruang agar cahaya alami matahari maupun tampilan suasana cahaya malam dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber pencayaan utama.

desain interior kantor terbuka 01

Interior kantor terbuka

Tampak dua buah meja bidang persegi disatukan dengan bagian sudut yang mengarah ke luar dikurangi  membentuk sudut setengah bulat. Dua buah meja yang disatukan ini terdapat papan pemisah tinggi 25cm di atas meja.

Lengkungan sudut ini tidak hanya menandai jalur sebagai akses utama tetapi  juga seolah mengajak para staf untuk jedah sejenak. Jedah menikmati panorama keindahan di luar barang sejenak.

Dua meja kerja dengan finishing tekstur kayu ini dilengkapi dengan empat buah kursi ergonomis berwarna pastel jingga. Nampak bagian bawah meja ini dilengkapi dengan kabinet untuk menyimpan file dengan finishing warna serasi dengan meja kerja.

desain interior kantor terbuka 03

Dinding partisi tekstur kayu

Dua buah meja panjang yang mampu mengakomodir ruang kerja empat orang staf yang menjulur dari salah satu dinding ini menciptakan pola penataan ruang yang memungkinkan aktivitas kerja para staf sangat leluasa.

Lantai & Plafon

Bidang lantai dipilih warna terang bertekstur halus seperti sedang membiarkan dirinya memantulkan warna langit ke seluruh ruang. Pantulan warna langit ini tidak hanya memberi efek luas dan terbuka tetapi juga memberi sinyal kehangatan.

Memaksimalkan pantulan warna langit ke dalam ruang ini, warna putih di pilih pada bidang plafon selain juga diterapkan pada sisa bukaan dinding sisi kiri ruang.

desain interior kantor terbuka 04

Interior kantor terbuka dengan tekstur kayu gaya skandinavia

Bidang plafon tidak hanya difungsikan sebagai media pemantul warna langit tetapi juga media yang memantulkan cahaya lampu. Sebuah lampu TL diletakan tepat di atas meja kerja. Lampu TL ini didesain dengan cahaya lampu keluar dari tiga sisi. Sisi pertama diarahkan ke dinding motif kayu didekatnya sedangkan dua yang lain diarahkan ke plafond dan ke arah meja kerja.

Agar ruang terkesan lebih hidup, lampu downlight ditata berbanjar tiga memenuhi bidang plafon. Masing-masing baris berjumlah empat buah lampu.

Kesan hidup kembali disuguhkan dengan dinding pada sisi kanan didesain bergelombang mengadopsi topografi alam perkotaan. Pilihan finishing dinding ini menyuguhkan tekstur kayu serasi dengan warna meja kerja yang menempel pada sisinya.

Tanaman Hijau

Untuk menambah kesan alami ruang ini, sebuah pot bunga hidup sengaja ditempatkan pada sudut yang mengarah ke panorama bentang alami alam perkotaan.

Implementasi desain interior kantor konsep oase pada ruang ini juga dikreasi dengan mendesain bidang dinding transparan yang menghadap ke luar ruang dipadukan dengan warna putih bertekstur halus pada lantai dan monokrom putih pada plafon.

desain interior kantor terbuka 07

Kabinet pemisah ruang tekstur kayu

Efek terbuka yang sengaja diciptakan pada ruang ini kemudian didukung dengan permainan efek gelombang pada salah satu dinding seolah menghubungkan tiga buah fungsi ruang.

Desain Interior Kantor Ruang Direktur

Desain interior kantor konsep oase kembali dusuguhkan begitu apik pada ruang direktur. Pemandangan dari ruang ini benar-benar memanjakan sang direktur. Ia tidak perlu mencari tempat yang memungkinkan dirinya memanjakan matanya dengan suguhan sunset.

Selain suguhan sunset, volume luas furnitur ruang ini sangat minimal sehingga ruangan ini terlihat luas. Ruang yang difungsikan sebagai ruang kerja direktur ini makin terlihat luas dengan bidang tranparan dari kaca bening yang hampir memenuhi keseluruhan bidang dinding pembatas.

Tidak hanya tampilan tektur kayu pada meja kerja, juga bentuk minimalis kursi yang memberi kesan simpel tetapi juga material yang dipilih untuk meja direktur.

desain interior kantor terbuka 08

Desain minimalis ruang direktur gaya skandinavia

Meja dengan tekstur kayu gaya skandinavia ini dilengkapi dengan sebuah kursi warna pastel jingga, dengan jendela view panorama luar lengkap dengan monitor yang diletakan pada salah satu sudut meja.

Pada sudut ruang mengarah ke panorama laut, terdapat sebuah kursi minimalis yang diletakan untuk area santai direktur dilengkapi dengan sebuah lampu baca berdiri ke arah kursi. Pada sisi yang lain, nampak sebuah benda curator melengkapi area ini.

Berbeda dengan ruang yang lain, karpet lantai ruang ini dipilih corak agak abstrak bintik-bintik hitam berpadu dengan warna dasar abu-abu. Sementara plafon didesain dengan konsep sama seperti ruang kerja staf yang memungkinkan warna langit terpantul ke dalam ruang.

Dapur Kantor Gaya Skandinavia

Dinding interior kantor konsep oase seperti efek gelombang pada dinding ruang staf seolah terus bergerak hingga menuju dapur dengan desain tata letak model U (U shape kitchen). Posisi dan penempatan ruang ini menyatu dengan ruang staf.

Efek gelombang yang terinspirasi dari pinggir laut & topografi kontur tanah Hong Kong ini sebenarnya difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Cara seperti ini memungkinkan posisi lemari penyimpanan teralihkan karena menyatu dengan dinding.

Tidak hanya itu, efek gelombang yang sengaja diciptakan pada salah satu dinding ini seolah menciptakan koneksi yang tidak terputus antara ruang kerja staf, dapur dan ruang lain di sekitarnya.

Pada area yang difungsikan sebagai dapur ini, tiga buah lampu gantung dengan kap bulat difinishing warna hitam digantung tepat di atas meja bar. Sebagian meja bar dengan finishing motif marmer berwarna abu ini sengaja difungsikan juga untuk penyimpanan majalah. Tampak deretan majalah terpampang melingkar pada sisi meja bar dengan background warna coklat berbahan tembaga.

desain interior kantor terbuka 05 gaya skandinavia

Desain interior dapur gaya skandinavia

Pada bagian dinding dapur dengan gaya skandinavia finishing tekstur alami kayu , sebagian dinding atau sekitar 50 cm di atas meja bar difinishing motif marmer dengan warna seperti percikan air. Warna ini sengaja diserasikan dengan bidang meja bar.

Area Publik

Sebagai ruang yang tata letaknya menyatu dengan desain interior kantor ruang kerja staf, warna lantai dan plafon dipilih serasi dengan ruang kerja staf.

Dapur dengan model U (U shape kitchen) ini sengaja dirancang dengan pertimbangan keramahan untuk menciptakan ruang yang dapat dimanfaatkan oleh para staf baik untuk bersosialisasi maupun beristirahat.

Selain efek gelombang, aplikasi desain interior kantor konsep oase ini juga nampak pada efek motif marmer pada meja bar memberikan unsur dinamis dan memecah monoton unsur kayu gaya skandinavia pada sebagian bidang dinding dapur kantor.

Ruang Rapat yang Nyaman

Semakin lengkap desain interior kantor konsep oase ini melalui ruang pertemuan yang didesain sekaligus dengan ruang lounge untuk entertain klien .

Memasuki ruang ini, tampak salah satu dinding pemisah sekaligus berfungsi kabinet. Lukisan menggantung juga terlihat pada bidang dinding lain. Makin lengkap dengan sebuah layar monitor untuk menampilkan laporan pergerakan harga saham atau forex, keharusan bagi perusahaan investasi.

Ruang yang terkesan tidak begitu luas ini kemudian dengan sengaja memaksimalkan efek cermin pada sebagian dinding. Bidang dinding dengan material cermin ini menciptakan bayangan sebagian isi ruang menjadikan ruang yang semula sempit menjadi tampak luas.

Mengakomodir fungsi ruang ini, volume ruang dibagi menjadi dua area. Area santai dan area untuk fungsi pertemuan. Pada area rapat, tampak meja persegi  dengan gaya skandinavia finishing veneer kayu diletakan memanjang mengakomodir delapan buah kursi ergonomis.

desain interior kantor terbuka 09

Desain interior ruang rapat tang nyaman

Area Lounge

Sementara pada area santai, area ini dilengkapi dengan sofa, lounge chair dan dua buah meja. Bentuk dan material furnitur pada area ini dengan sengaja dipilih berlainan. Bentuk sofa minimalis dengan warna jingga diletakan menempel ke dinding. Sofa ini dilengkapi dengan sebuah meja unik dengan finishing tembaga.

Pada salah satu sisi sofa gaya skandinavia, diletakan sebuah meja bulat dari kaca dengan rangka tembaga dilengkapi dengan sebuah lounge chair berwarna hitam. Persis di atas sofa sengaja ditempatkan sebuah TV sekaligus sebagai lukisan.

Desain interior kantor konsep oase pada lounge ini nampak pada bagaimana memaksimalkan view keluar ruang yang tidak hanya menyuguhkan panorama tetapi juga bias cahaya alami yang dibiarkan memantul ke dalam ruang.

Nuansa ini makin lengkap dengan pilihan warna soft dan furnitur yang memberikan suasana santai penuh kenyamanan senada dengan image Sapientia sebagai salah satu perusahaan ansuransi keuangan.

Desain interior kantor terbuka gaya skandinavia seperti oase yang menyuguhkan gema pegunungan dan gemericik air sungai ke dalam sebuah ruang yang berada di pusat distrik bisnis keuangan terbesar dan tersibuk di dunia.

Baca ini:

Advertisement
GRATIS konsultasi interior >