Desain kantor

Desain Interior Kantor Minimalis Monokrom

Trend desain interior kantor saat ini didominasi oleh desain interior kantor yang minimalis, jika Anda menginginkan sebuah signature atau gaya yang khas pada kantor Anda, mungkin Anda bisa mengaplikasikan skema monokrom pada desain interior kantor Anda.

Untuk tujuan praktis, kita dapat mendefinisikan skema warna monokromatik sebagai salah satu di mana warna dasar tunggal membentuk fondasi skema warna, warna putih dan hitam biasanya dianggap sebagai warna yang dapat diterima dan diinginkan dalam semua skema monokromatik, karena pada dasarnya ini adalah versi yang paling ringan dari semua warna.

Desain ruang ini memancarkan latar belakang putih bersih dengan bentuk geometris kontras yang kuat, menambah rasa elegan pada ruang baik secara visual maupun spasial.

Skema ini juga dapat membawa cahaya sebanyak mungkin masuk ke dalam ruangan, hasilnya adalah desain ruang kerja yang simple namun elegan, yang juga menyenangkan dan fleksibel, memungkinkan ruang yang tepat untuk digunakan oleh sebanyak mungkin karyawan yang memiliki karakter yang berbeda-beda namun sangat energik.

Garis Rancang Desain Interior Minimalis Monokrom

Less is more mungkin terdengar seperti klise, tetapi dalam tren desain minimalis, itulah inti dari bidang desain ini. Memiliki pendekatan desain yang sederhana dapat dimanifestasikan dengan meniadakan unsur yang dirasa kurang diperlukan dan lebih fokus pada menciptakan solusi elegan yang fungsional.

Hal ini sangat penting untuk diadopsi pada arsitektur kantor mengingat fungsinya yang dapat memberi peluang besar bagi karyawan perusahaan untuk bersosialisasi dan menjamu klien pada ruang kerja generasi milenium.

Keuntungan Menerapkan Desain Minimalis Monokrom Pada Kantor Anda

Skema warna monokromatik memiliki sejumlah keutamaan yang membuat mereka layak dipertimbangkan dalam dekorasi ruangan atau desain grafis. Manfaat skema warna monokromatik diantaranya meliputi:

Menciptakan Kesederhanaan dan Harmoni dalam Ruang

Desain dekorasi yang sederhana akan menghilangkan kekhawatiran akan distorsi warna yang berbentrokan. Hal ini juga akan menciptakan gaya minimalis yang memungkinkan objek dalam ruangan untuk dapat tampil stand out atau kontras oleh skema monokromatik yang menyorotnya.

Palet monokromatik yang diterapkan di seluruh kantor juga dapat menciptakan lingkungan yang tenang dan tenang bagi stafnya untuk berkembang, juga untuk para klien yang merasa tersambut sejak melangkahkan langkah pertamanya, menonjolkan keindahan konsep ini dengan menggabungkan skema warna dengan berbagai fitur susunan dekoratif.

Warna Aksen yang Kontras Efektif Menampilkan Desain Keseluruhan

Terutama dalam desain monokrom putih atau hitam, penggunaan warna kontras tunggal bisa sangat efektif. Namun, pastikan untuk menggunakan warna dengan hati-hati agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan

Variasi Warna Berfungsi Secara Bersamaan

Desain monokromatik dapat berkolaborasi (bahkan membutuhkan) variasi warna tertentu. Anda bisa tambahkan warna dasar pada ruangan Anda dengan warna putih untuk ambience atau rona yang lebih terang, dengan warna hitam untuk nuansa yang lebih gelap, bisa juga dengan warna abu-abu untuk nada yang lebih dalam.

Mudah Mendekorasi dengan Warna Monokrom
Ketika pilihan dekorasi Anda terbatas berdasarkan warna yang Anda pilih sebagai fondasi monokrom Anda, warna monokromatik akan benar-benar dapat membuat dekorasi lebih mudah untuk dikelola dengan memusatkan perhatian Anda ke arah penggabungan kedalaman melalui detail seperti tekstur, kilau, bentuk, dimensi, dll.

Terbuka Kemungkinan Perubahan Desain 

Anda pasti akan menemukan kemungkinan baru dalam menerapkan variasi warna atau tekstur yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan di awal ketika Anda pertama kali mendekor kantor Anda.

Pada gilirannya desain monokrom akan membuka peluang untuk mengantarkan Anda untuk menemukan desain yang lebih kreatif dalam perjalanan Anda dalam menciptakan ruang kerja terbaik yang pernah Anda impikan.

Skema Warna Monokrom Membuat Ruangan Lebih Menyatu

Dibutuhkan banyak komponen untuk dapat menyatukan ruangan, salah satu cara untuk mempermudah prosesnya adalah dengan menggunakan skema warna monokromatik.

Hal ini dikarenakan Skema warna monokromatik dapat merampingkan draft desain Anda. Selama Anda cermat dalam menentukan skema warna, kesatuan ruang dan harmoni dapat dengan mudah dicapai.

Keuntungan Gaya Minimalis

Keuntungan utama dari gaya minimalis adalah Anda akan mendapatkan pengalaman bekerja di dalam kantor yang bebas tanpa adanya perasaan tertekan dengan tersedianya banyak ruang gerak yang nyaman serta memiliki pencahayaan alami yang optimal.

Fokus Pada Kualitas

Alih-alih harus menggunakan banyak furnitur pada kantor minimalis,  Anda mungkin dapat menggunakan lebih sedikit furniture sehingga dapat lebih fokus dalam memilih furniture yang nyaman dan berkualitas.

Dengan kata lain jika dekorasi kantor Anda lebih berkonsentrasi pada penampilannya yang sederhana, Anda akan berurusan dengan lebih sedikit kuantitas namun dengan kualitas yang lebih baik.

Mudah Diperbaiki

Dekorasi interior ini tidak memerlukan pernak-pernik apa pun, dinding yang dicat polos dengan lantai parket sederhana merupakan ciri khas yang ada pada gaya ini. Namun Anda masih memiliki opsi untuk menambah variasi semisal berupa langit-langit multi-level untuk memasang lampu dan elemen struktural dari kaca atau logam.

Lebih Mudah Dibersihkan

Permukaan halus yang simple akan lebih mudah untuk dibersihkan, tidak ada lagi furnitur yang menumpuk debu. Dengan sistem penyimpanan yang sebagian besar tertutup oleh panel, Anda akan mendapati sebuah kantor yang sistematis yang dengan sendirinya terlihat rapi. Dengan minimnya pengalihan perhatian maka kotoran sekecil apa pun akan langsung menarik perhatian Anda untuk segera dibersihkan.

Kesederhanaan Bentuk 

Berkat bentuk-bentuk yang sederhana, warna-warna netral dan landskap yang terbuka, interior minimalis tidak hanya menyediakan fitur untuk memperindah pemandangan di kantor, tetapi juga pada kesehatan jiwa.

Ini adalah sebuah fitur yang hebat bagi mereka yang memiliki kehidupan pekerjaan dengan banyak alasan untuk stres. Adalah suatu kesalahan untuk berpikir bahwa interior minimalis memiliki sifat yang dingin dan tidak nyaman. Dengan menempatkan aksen yang benar, tekstur yang menyenangkan, serta bermain dengan bantuan pencahayaan alami dapat membantu kita untuk dapat menghindari persepsi ini.

Penambahan tanaman hijau pada luar ruangan kantor Anda juga dapat menambahkan estetika dan aliran udara yang segar sehingga dapat mencegah stres dan menjaga kinerja produktif karyawan. Penggunaan tanaman house plant seperti sansievera dan tumbuhan ketapang kencana juga efektif dalam menyerap polusi di sekitar lingkungan kantor.

Ruang kantor yang dipenuhi cahaya alami dan udara segar. Kebun tanaman hijau menjadi fitur utama ruang yang juga menambahkan warna ke ruang kantor menciptakan rasa kesegaran dan intrik di samping skema yang monokrom.

Panduan Utama Merancang Kantor Minimalis Monokrom

Hal pertama yang harus Anda dan interior designer Anda lakukan adalah membuat sketsa objek dekor interior kantor Anda. Dalam tahap ini interior designer juga akan memberikan banyak opsi material yang bisa Anda gunakan agar dapat lebih sesuai dengan selera dan anggaran yang telah Anda siapkan.

Buat Skema Warna Monokrom

Dalam merancang sketsa desain, kami biasanya akan merekomendasikan klien untuk memilih setidaknya dua opsi dari warna dasar apabila mereka menghendaki warna monokrom lain selain hitam dan putih — ​​satu warna lebih terang, satu lebih gelap.

Seperti halnya skema warna apa pun, Anda harus menentukan di mana dan bagaimana setiap variasi akan digunakan dalam desain keseluruhan. Namun, penting untuk memastikan warna Anda cukup berbeda untuk memberikan beberapa kontras. Warna yang terlalu dekat menciptakan kesan yang berlumpur dan tidak tepat dalam desain ruangan Anda.

Pilih Warna Primer Anda

Langkah selanjutnya dalam menempatkan tampilan monokromatik bersama adalah memilih warna yang ingin Anda gunakan. Dalam hal ini, kami menyarankan untuk menggunakan tiga warna, secara total. Tentunya, dari gradasi warna yang sama untuk menciptakan tampilan yang kohesif.

Kami sarankan mulai dengan warna dasar Anda, yang akan menentukan desain Anda. Kemudian, keluarkan skema warna Anda dengan memilih satu warna yang lebih terang dari warna dasar Anda dan satu warna yang lebih gelap.

Membuat Pola dan Tekstur

Jika elemen desain di ruang Anda terlalu mirip satu sama lain, mereka berisiko membuat ruangan terasa membosankan. Termasuk pola dan tekstur adalah cara mudah untuk menambahkan detail visual yang sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Anda merasakan tekstur material yang akan Anda aplikasikan sebelum memasangnya  di dalam ruangan kerja.

Berkreasi dengan Materi Aksen

Inilah bagian yang menarik dari skema monokromatik, meskipun sebagian besar elemen di kamar monokromatik harus sesuai dengan skema yang ditentukan, tidak ada aturan keras yang mengatakan bahwa semuanya harus presisi. Aksen dan aksesori Anda akan memberi lebih banyak kesempatan untuk dapat mewarnai sedikit detail di luar garis rancang.

Anda bisa menambahkan aksen berupa  meja kopi yang memiliki lapisan logam di atasnya atau dengan menambahkan dalam ruang kerja Anda beberapa furniture unik seperti vas dekoratif, lampu meja, atau menggunakan furniture berbahan alami lainnya, seperti kayu atau batu.

Pertimbangkan Untuk Ruang Privat Tambahan

Jika Anda membutuhkan ruang yang lebih private, pertimbangkan untuk memiliki ruangan tambahan pada kantor Anda agar dapat lebih fokus semisal ketika Anda harus melakukan percakapan via skype dengan klien atau ketika Anda ingin mengurangi gangguan dari rekan kerja ketika Anda mengejar deadline.

Pencahayaan yang Tepat

Untuk urusan pencahayaan, gunakan lampu yang dirancang secara unik bersama dengan beberapa lampu sorot untuk menerangi area ini. Lay out atau tata letak terbuka membuat staf dan klien merasa tenang dan tenteram saat mereka berkeliling di dalam ruang kantor.

Dua kantor yang bersebelahan, yang ditempatkan di samping satu sama lain, tampak seperti replika elegan satu sama lain, di dalamnya memiliki nuansa profesional serupa seperti tempat lainnya, yang terdiri dari lampu sorot dan tema monokromatik.

Demikian pula dengan warna-warna yang anggun dari perabotan bernuansa hitam, putih dan abu-abu, ruang-ruang ini memberikan kenyamanan dengan tone atau nada warna yang tepat untuk melakukan bisnis. Diterangi oleh pencahayaan yang ditempatkan secara strategis, lemari, meja dan rak menyediakan jarak yang cukup untuk menyimpan stationary atau peralatan kantor.

Penggunaan Aksen Tambahan

Koridor yang terbuat dari panel kayu dapat menambah aksen pada interior kantor monokromatik Anda sehingga dapat juga berfungsi sebagai transisi sebelum masuk ke dalam ruangan kantor atau work space Anda.

Kesan minimalis yang ada pada kantor Anda akan memiliki tambahan warna yang menenangkan apabila Anda menambahkan material-material alami seperti kayu seperti pada koridor ini.

Tahap Realisasi

Setelah Anda setuju dengan desain yang Anda buat langkah – langkah selanjutnya dalam merealisasikan konsep kantor minimalis monokrom.

Mulai dengan Action

Langkah pertama untuk mencapai ruang kantor minimalis Anda adalah  mengosongkan ruang kantor dari barang-barang yang tidak diperlukan. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda. Sebagai seorang pegawai biasanya hal yang dibutuhkan hanyalah meja, kursi, komputer atau laptop, buku catatan dan pena itu saja

Setelah Anda menyingkirkan material tempat kerja yang tidak perlu, saatnya untuk berpisah dengan pernak-pernik dan dekorasi yang ada di sekitar kantor Anda. Selain menghemat ruang di bilik atau lingkungan kantor Anda, kantor minimalis baru Anda juga akan benar-benar menghemat uang Anda akan semua benda yang tidak perlu Anda beli lagi.

Akan sulit untuk berpisah dengan semua yang telah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun, jadi mulailah dengan hal sederhana, yakni dimulai dari hal-hal yang mudah terlebih dahulu satu per satu.

Gunakan Peranti Sesuai Kebutuhkan

Terakhir, Anda perlu mengimplementasikan kreativitas desain interior Anda sendiri untuk kantor minimalis Anda. Ingat, tujuannya adalah kesederhanaan. Anda tidak perlu menghapus semua dekorasi, tetapi ruang yang bersih dan sederhana adalah tujuannya. Pastikan Anda tidak mengacaukan dinding Anda dengan terlalu banyak gambar dan aksesori.

Aturan berikutnya lebih sederhana, kurang lebih ketika datang ke furnitur. Ini berlaku untuk tempat duduk, meja, bilik, dan seterusnya. Anda tidak perlu deretan bilik dan meja dengan laci di atas laci ruang penyimpanan. Secara teori, karena Anda sudah membersihkan kelebihannya, Anda tidak perlu tempat untuk menyimpannya. Pikirkan tentang menggunakan warna-warna netral, dan hindari meja besar dan kursi besar yang tebal. Pikirkan tentang desain yang bersih dan ergonomis.

Gunakan sistem dinding modular yang dapat dibongkar di ruang Anda. Tidak hanya mudah untuk dibongkar pasang, dinding modular juga akan tampak modern sesuai dengan tampilan minimalis, serta ramah anggaran dan fleksibel. Dinding ini akan memberi Anda kemampuan untuk mengubah tata letak kantor Anda sesuai kebutuhan, serta membuat ruang Anda tampak lebih terbuka dan terhubung.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika Anda menerapkan desain minimalis monokromatik pada kantor Anda diantaranya adalah:

  • Memaksimalkan aliran udara dan ketersediaan ruang gerak
  • Lebih fokus pada kualitas
  • Mudah diperbaiki
  • Lebih mudah dibersihkan
  • Kesederhanaan
  • Menciptakan rasa harmoni dalam ruang
  • Terbuka untuk kemungkinan desain baru di masa depan
  • Skema warna monokrom membuat ruangan terlihat mudah disatukan

Dalam merealisasikan konsep interior kantor yang minimalis monokromatik terdapat dua langkah besar yang harus Anda lakukan yakni:

Merancang desain dengan tahap – tahap:

  • Memilih Warna Primer Anda
  • Membuat Skema Warna Monokrom
  • Membuat pola dan tekstur
  • Memilih Pencahayaan yang Tepat
  • Memberi Aksen Tambahan

lalu mengaktualisasikannya  mulai dari proses pemilihan hingga menentukan material yang dibutuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam menentukan desain interior kantor Anda.

Advertisement
GRATIS konsultasi interior >