Desain kantor Furnitur kantor Gedung Kantor

Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Desain interior kantor minimalis natural, pendekatan interior kantor yang mengedepankan kesederhanaan ini merupakan pilihan akhir-akhir ini. Tapi sama seperti halnya desain interior kantor yang lain, desain ini sebenarnya tidak sesederhana seperti apa yang terlihat.

desain interior kantor minimalis natural 01

Bagi kita yang menjalani gaya hidup sibuk, menjaga ruang kerja kita tetap bersih membutuhkan ketekunan sehari-hari, tetapi kami memiliki ide yang lebih baik, yakni mengadopsi desain minimalis.

Desain ini sangat direkomendasikan oleh banyak pemerhati kesejahteraan karyawan yang bekerja di kantor, dimana telah terdapat penelitian yang mengungkap bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan yang berantakan cenderung memiliki kadar hormon stres kortisol yang tinggi.

Berbicara tentang minimalis bukan berarti kita harus menghindari warna, Kenyataannya, desain minimalis yang terbaik justru sebaliknya. Terutama warna-warna yang natural seperti hijau yang pada akhirnya melahirkan desain interior yang natural minimalis, desain ini dianggap memiliki kemampuan yang hebat dalam mengadopsi warna alam sehingga suasana kantor Anda terasa lebih segar, menginspirasi dan tenang.

Jika Anda sudah lama menjadi penggemar desain natural minimalis , tetapi tidak yakin tentang cara memulai, pendekatan langkah demi langkah kami untuk menciptakan desain natural minimalis berikut ini akan membantu Anda menyelesaikannya.

Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Kombinasi meja dan pohon dengan suasana warna hijau akan menjadi pemandangan interior untuk ruang kantor Anda guna mengurangi ketegangan di kantor. Seluruh meja kantor memiliki desain natural yang  menggabungkan kombinasi pot dan meja kerja.

desain interior kantor minimalis natural 02

Dengan desain interior kantor minimalis natural, Anda dapat gabungkan kesederhanaan tersebut dengan menggunakan furnitur yang unik yang dapat Anda aplikasikan pada meja kerja  yang fungsional

Ruang menggunakan sejumlah besar warna alami dari panel kayu yang terkesan santai, hangat dan nyaman. Ketinggian lanskap di ruang dimaksimalkan, sehingga memungkinkan jendela memiliki pemandangan lanskap yang lebih baik.

Pada ruang meeting terdapat sudut ruang terputus sehingga tidak tepat jika meletakkan meja rapat berbentuk persegi panjang, hal ini bisa dihindari dengan cara menggunakan meja konferensi yang berbentuk  paralelogram. Agar lebih terasa natural meja konferensi dapat diberi beberapa aksen seperti menanamkan rumput sintetis yang unik namun tetap fungsional.

Keuntungan menerapkan Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Setiap karyawan yang bekerja di kantor mungkin sudah tahu betul betapa pentingnya peran tanaman dikantor untuk tujuan relaksasi. Sebuah tanaman kecil yang ditempatkan di setiap sudut kantor dapat membantu Anda meningkatkan kenyamanan karyawan Anda baik secara mental & fisik.

desain interior kantor minimalis natural 03

Selain itu dengan banyaknya desain kantor dengan skema natural yang menjadi tren terbaru dalam desain kantor, mari kita lihat bagaimana desain  ini dapat mempengaruhi atmosfer kantor secara positif.

Menjaga Kesegaran Ruang

Menggunakan tanaman dalam desain kantor minimalis dapat menghilangkan udara kantor dan meningkatkan jumlah oksigen dalam ruang. Tanaman tidak hanya dapat menetralkan racun namun juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

desain interior kantor minimalis natural 04

Karyawan yang menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan kerja yang tertutup memerlukan upaya yang lebih keras dalam mengatasi stres dan kelelahan kerja.  Tumbuhan hijau akan menyegarkan kantor dan membuatnya terlihat dan terasa lebih tenang, ramah dan menyenangkan.

Meningkatkan Mood Karyawan

Ruang kantor yang membosankan dapat membuat stafnya tumpul dan tidak produktif. Salah satu cara paling terpercaya untuk meningkatkan semangat kerja karyawan adalah dengan menciptakan ruang kreatif di mana para karyawan merasa nyaman dan mereka mendapatkan privasinya.

desain interior kantor minimalis natural 06

Penggunaan warna seperti hijau, kuning dan coklat di dinding dapat memberi dampak santai pada penghuni kantor. Jika seseorang berada di lingkungan kerja, tanaman kecil secara psikologis dapat membuat Anda bekerja lebih baik.

Tanaman hijau dapat digunakan untuk meningkatkan ruang ini dan untuk membuat karyawan bekerja secara efisien sehingga mengangkat semangat mereka.

Meningkatkan Estetika Kantor

Desain minimalis digabungkan oleh banyak desainer interior dengan mengintegrasikan unsur-unsur alami. Dengan menambahkan beberapa tanaman dalam pot di beberapa sudut tertentu dari ruangan, kantor Anda akan tampak lebih segar dan terasa lebih dapat memberi energi dan inspirasi. Tanaman yang ditempatkan dengan benar di area lobby atau resepsionis dapat membantu klien tertarik untuk bekerja sama.

Panduan Desain Interior Kantor Minimalis Natural

Apabila Anda sudah melewati tahap rancangan dan melanjutkan untuk mengaplikasikan desain interior kantor minimalis natural kini saatnya  untuk memulai langkah-langkah selanjutnya.

Manfaatkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan buatan yang terang mungkin telah menjadi hal yang esensial  di banyak kantor modern, tetapi hal tersebut bukanlah opsi terbaik untuk tempat kerja Anda. Pencahayaan buatan sebenarnya dapat memiliki efek yang sangat negatif pada kesehatan Anda, pencahayaan lampu fluorescent yang terlalu keras dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala. Studi juga menemukan bahwa karyawan yang bekerja dengan cahaya buatan juga akan merasa lebih lelah pada akhir hari kerja.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari cahaya alami kantor Anda, pastikan bahwa jendela tidak sepenuhnya ditutupi oleh tirai, dan meja pekerja dihadapkan pada jendela, bukannya menjauh dari jendela. Direkomendasikan bahwa meja kerja ditempatkan paling jauh dalam jarak 3 meter hingga 6 meter dari dinding jendela.

Skylight juga dapat menjadi pilihan Anda untuk membawa lebih banyak sinar matahari ke kantor dengan mengubah langit-langit menjadi sumber pencahayaan alami.

Gunakan skema warna-warna alami

Salah satu komponen kunci dari desain yang natural adalah memanfaatkan warna dan bentuk alami saat mendekorasi kantor. Dalam hal skema warna, ini sebagian besar melibatkan nada warna  yang bersahaja, seperti hijau, coklat, cokelat,  atau gabungan biru dan putih untuk meniru laut, langit, dan awan.

Memasukkan aksen hijau di kantor, khususnya, telah ditemukan untuk meningkatkan motivasi, antusiasme, dan produktivitas karyawan. Menambahkan warna yang biasanya terkait dengan warna alami buah dan bunga juga bisa ditambahkan. Hal ini sejalan dengan fakta bahwa manusia selaras untuk menyukai warna-warna ini di alam.

Jika Anda ingin menambahkan pattern atau pola serta bentuk furnitur yang digunakan di kantor Anda, Anda juga harus memilih bentuk-bentuk organik (tidak beraturan) di atas yang geometris, karena geometris adalah pola buatan manusia yang sering memberi kesan yang tumpul.

Menggabungkan kayu, batu dan granit

Anda dapat membawa elemen alami ke dalam desain interior kantor Anda dengan memanfaatkan bahan alami, seperti kayu, batu, granit, serta marmer dalam desain. Masing-masing bahan ini dapat dimasukkan sebagai finishing pada detail-detail ruang seperti pilar, rak, lemari dan meja, meskipun furnitur kayu adalah pilihan yang paling ekonomis dan mudah tersedia untuk dipertimbangkan.

Gunakan Tekstur Berbeda dalam Nada Warna yang Serupa

Sebuah ruangan minimalis dengan nada netral cenderung terasa kosong dan hambar, tetapi ada satu trik yang sangat mudah untuk menyisatinya, tekstur. Tambahkan tekstur ruang Anda dengan rumput sintetis, dekorasi beludru, dan furnitur lain untuk penguat kenyamanan yang sangat dibutuhkan.

Namun perlu diperhatikan Jika Anda mencampur terlalu banyak tekstur, bahan, dan permukaan dari semua warna yang berbeda, hasilnya pasti akan menimbulkan distorsi yang menyebabkan sakit kepala.

Sebagai saran jika Anda memilih dasar putih, maka pilihlah warna beige, dove-gray, atau coklat tan atau warna apa pun yang akan Anda dapat Anda temui di lanskap alam. Umumnya, warna-warna yang menyatu dengan baik adalah yang dapat dengan mudah kita jumpai pada alam.

Bebas dari Pola

Dinding Anda harus bersih dari terlalu banyak pola, Anda mungkin ingin menghindari wallpaper dan memilih cat yang sederhana sebagai gantinya. Namun hal ini tidak berarti bahwa Anda hanya memiliki pilihan yang terbatas seperti  dengan warna putih, Anda dapat menambahkan warna pastel yang lembut sebagai cara yang terbaik untuk memperkenalkan sedikit warna pada interior kantor Anda.

desain interior kantor minimalis natural 07

Sebelum Anda mulai mengecat, pikirkan tentang warna furnitur yang akan Anda gunakan. Banyak furnitur yang sekarang tersedia dalam banyak warna alami seperti warna kayu alami atau hanya sekedar menggunakan efek kayu. Pemilihan warna kayu alami dapat memberikan sedikit karakter alami ke ruang kerja Anda. Bahkan kayu yang lebih gelap bisa sangat efektif dengan skema warna yang lebih  pucat, begitu pula sebaliknya.

Gunakan Media Penyimpanan yang Tepat

Jika Anda memiliki banyak dokumen yang perlu disimpan, rak terbuka dapat menjadi cara yang baik untuk membuat semua dokumen mudah diakses. Rak terbuka juga ideal untuk menambahkan beberapa hiasan dan dekorasi seperti bingkai foto untuk memecah monoton.

Lemari, di sisi lain sangat bagus untuk menutup semuanya sehingga menciptakan latar belakang yang sederhana dan rapi.

Cobalah untuk menyimpan kertas sesedikit mungkin dan sebagai gantinya gunakan metode online seperti Google Docs untuk menyimpan semua yang Anda butuhkan, dengan cara ini Anda akan mampu menemukan dokumen apa pun dengan segera dan cepat tanpa khawatir hilang.

Gunakan Kursi Ergonomis Terbaik

Kursi yang Anda duduki sepanjang hari untuk bekerja adalah aset yang paling penting dari seluruh elemen kantor. Tidak hanya perlu cukup nyaman, tetapi juga harus cukup mendukung punggung Anda untuk memastikan Anda tidak berakhir dengan masalah kesehatan ortopedik. Anda harus menetapkan anggaran yang cukup tinggi dibandingkan dengan furnitur kantor lainnya karena hal yang kita bicarakan ini adalah tentang menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Manfaatkan Tanaman untuk Dekorasi

Membawa elemen alam ke dalam tempat kerja memiliki banyak sekali manfaat, tetapi harus disesuaikan juga bersama faktor-faktor lain seperti pencahayaan alami, sirkulasi udara, perawatan, hingga pemilihan warna untuk menyesuaikan kontur.

Beberapa tanaman memiliki tingkat pemeliharaan yang bervariasi antar spesies. Tanaman pot kecil memiliki semua manfaat layaknya tanaman besar, tetapi dalam skala perawatan yang lebih kecil. Jika sebuah kantor berisi sejumlah tanaman kecil, manfaatnya akan sama layaknya jika kantor memiliki satu atau dua tanaman besar sebagai gantinya.

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi ruang kantor Anda.

Snake Plant

Tanaman lidah mertua, atau Sansevieria trifasciata, memiliki daun yang bisa tumbuh cukup tinggi. Memiliki warna daun hijau gelap dengan corak hijau kekuningan yang cerah di luar. Tanaman ini mudah dalam perawatan, mampu menyaring polutan dengan baik, dan pastinya menarik perhatian, selain itu tanaman ini juga memiliki fungsi lain sebagai partisi alami sebagai tambahan dari fungsi estetikanya.

Kaktus

Tanaman ini berukuran kecil dan memiliki beberapa varietas yang berbeda. Kaktus memang membutuhkan sejumlah besar sinar matahari, sehingga tidak direkomendasikan untuk kantor dengan pencahayaan yang remang-remang.  Jika Anda memiliki ambang jendela yang mendapat banyak sinar matahari dan termasuk orang yang pelupa untuk menyirami tanaman Anda dengan air, kaktus akan menjadi tanaman yang ideal.

Aloe Vera

Tanaman lidah buaya cukup kecil untuk dengan mudah diletakkan di sebagian besar meja. Tanaman ini juga memiliki kemampuan yang hebat dalam melakukan penyaringan udara, terutama zat beracun akibat penggunaan peranti berbahan kimia seperti formaldehida dan benzena dari udara. Gel di dalam tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka dan luka bakar.

Azalea

Semak berbunga ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga bisa menyaring udara untuk melawan formaldehida. Tanaman ini tumbuh subur terutama di lingkungan yang sejuk, jadi biarkan suhu ruang tetap rendah.

Terlepas dari semua keunggulan dari masing-masing tanaman tersebut,  secara keseluruhan semua tanaman kantor dapat mengurangi penggunaan energi dan berkontribusi terhadap kesehatan fisik dan mental keseluruhan pengguna ruang kantor.

Kesimpulan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mengaplikasikan desain interior kantor yang minimalis dan natural adalah menentukan Garis Rancangan interior kantor Anda.

Dengan semua desain minimalis yang sederhana, Anda dapat gabungkan hal tersebut dengan menggunakan furnitur yang unik yang fungsional dikombinasikan dengan menggunakan sejumlah besar warna alami dari panel kayu yang terkesan santai, hangat dan nyaman.

Keuntungan dalam menerapkan Desain Interior kantor minimalis natural diantaranya;

  • Menjaga Kesegaran Ruang
  • Meningkatkan Mood Karyawan
  •  Meningkatkan Estetika Kantor

Hal yang harus Anda perhatikan dalam desain interior kantor minimalis natural adalah;

  • Manfaatkan Sepenuhnya Pencahayaan Alami
  • Gunakan skema dan bentuk warna alami
  • Menggabungkan kayu, batu dan granit
  • Gunakan tekstur berbeda dalam nada warna yang serupa
  • Meminimalisir pola
  • Memilih kursi ergonomis yang terbaik

Tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi interior kantor Anda di antaranya adalah;

  • Snake Plant
  • Kaktus
  • Aloe Vera
  • Azalea

Semoga menginspirasi pilihan interior Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami atau hubungi kami untuk kebutuhan interior kantor Anda.

Advertisement
  • Attractions8.0
  • Staff9.0
  • Food8.0
  • Price8.0

Sed hendrerit. Duis leo. Mauris sollicitudin fermentum libero. Vestibulum suscipit nulla quis orci. Mauris turpis nunc, blandit et, volutpat molestie, porta ut, ligula.

8.3Overall Score

Post Comment

GRATIS konsultasi interior >