Desain Interior Lobby Kantor Modern
Gedung Kantor Rukan Ruko

Desain Interior Lobby Kantor Modern

Desain interior lobby kantor modern – Lobby kantor sebagai ruang terbuka untuk bekerja sudah banyak dilirik oleh berbagai kalangan. Keefektifan dari segi budget menjadi salah satu alasan yang membuatnya laris manis di banyak kota besar di Indonesia. Selain itu, desain interior lobby kantor modern yang unik dan nyaman juga membuat banyak kalangan betah berlama-lama untuk bekerja.

Desain interior memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Aspek estetika dari desain interior memegang peranan utama yang mengundang orang untuk datang. Sedangkan, aspek fungsionalnya membuat orang merasa fasilitas yang disediakan dengan baik.

Lobby kantor dan desain interior jelas merupakan hal yang tak terpisahkan. Fungsi lobby kantor yang menjadi area aktif bagi banyak orang sudah tentu membutuhkan desain interior yang dikerjakan dengan serius. Bahkan, desain interior dapat dikatakan menjadi fokus utama dalam menciptakan lobby kantor yang menarik.

Desain Interior Lobby Kantor Modern dan Produktivitas Kerja

Lobby kantor datang dari kebutuhan akan area ruang tunggu sebelum masuk area kerja. Kubikel yang digunakan pada area kerja kantor kini banyak dilihat sebagai pembatas dengan konotasi yang cenderung negatif. Minimnya hubungan sosial antar teman sejawat karena kubikel juga menyumbang berbagai masalah dalam segi kreativitas kerja.

Konsep ruang terbuka kini banyak dikembangkan sebagai area kerja. Ruangan yang luas dan minim sekat membuat interaksi antar pegawai meningkat. Hal tersebut mengarah pada semakin baiknya kemampuan kolaborasi pegawai yang membawa berbagai keuntungan bagi perusahaan.

Sayangnya, tidak semua kantor menerapkan konsep ruang terbuka yang modern. Renovasi kantor yang membutuhkan biaya tidak sedikit menjadi salah satu kendala untuk mewujudkan konsep tersebut. Selain itu, kesadaran akan manfaat ruang terbuka juga belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Privasi yang menjadi sangat terbatas banyak menjadi alasan absennya konsep ini di beberapa kantor.

Lobby kantor yang nyaman kini sudah banyak bermunculan untuk mengisi kebutuhan pegawai akan ruang terbuka untuk bekerja. Desain interior lobby kantor modern yang kreatif dan modern membuat ruangan tampak segar. Berbagai tema yang banyak disukai masyarakat diterapkan sebagai ide utama bagi desain interior di lobby kantor.

Desain interior lobby kantor modern akan memberikan ruang bagi para karyawan untuk berinteraksi. Meningkatnya hubungan sosial antar pegawai dan kemampuan kolaborasi yang meningkat melalui penerapan konsep ini akan meningkatkan kinerja pegawai. Kinerja yang maksimal tentunya akan mengarah pada meroketnya produktivitas kerja.

Desain interior lobby kantor modern yang dirancang dengan tepat juga menciptakan atmosfir yang positif. Klien yang datang pun akan menjadi lebih rileks. Sejalan dengan hal tersebut, tingkat stres akan menurun.  Semua hal ini saling terkait dan berhubungan erat. Apalagi muara dari segala hal ini jika bukan meningkatnya bisnis perusahaan.

Desain interior lobby kantor 02

Desain Interior Lobby Kantor Modern Saat ini

Para arsitek mendesain lobby kantor masa kini yang unik, menarik, namun memiliki nilai fungsi. Kenyamanan merupakan aspek utama dalam desain interior lobby kantor modern yang tidak bisa ditawar, dari sinilah kreativitas lahir dan bermunculan.

Beberapa lobby kantor mengusung tema desain yang kuat. Sebagian menerapkan tema yang sudah sangat akrab di masyarakat. Namun, tak sedikit yang mencoba mendobrak stigma umum dan menerapkan tema unik yang baru. Berikut ini beberapa tema yang dapat dijadikan inspirasi desain interior lobby kantor modern saat ini.

Hijau alami
Desain interior yang dekat dengan alam kini sedang banyak diangkat oleh beberapa lobby kantor . Scaleway Offices di Lille, Amore Pacific F21 Offices di Seoul, dan Greenhouse di Jakarta merupakan beberapa contoh lobby kantor yang berkiblat ke konsep tersebut. Mereka menggunakan unsur hijau yang kuat di berbagai sudut ruangan.

Desain ini membuat lobby kantor tampak sangat ramah lingkungan. Tanaman berdaun yang dijadikan dekorasi utama membuat ruangan tampak sejuk dan teduh. Suasana ini jelas menciptakan iklim yang nyaman untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan melahirkan ide-ide kreatif.

Interior yang digunakan dalam lobby kantor juga dapat memperkuat tema yang diterapkan. Warna-warna cerah pada sofa, kursi, meja, dan berbagai pajangan dapat menambah kesan segar di ruangan dengan tema ini. Alternatif warna lainnya yaitu menggunakan earth-tone color seperti coklat, beige, atau putih tulang agar menyatu dengan konsep alam yang diterapkan.

Modern Minimalis
Lobby kantor dengan interior yang berkonsep modern minimalis membuat ruangan tampak lapang. Kesan tersebut muncul dari minimnya penggunaan variasi furnitur dan dekorasi dalam ruangan. Selain itu, warna dengan nuansa abu, coklat, atau putih yang dominan pada dinding pun turut menyumbang efek tersebut.

Interior yang berkonsep modern minimalis juga membuat ruangan tampak dinamis. Sementara, furnitur yang kental dengan sentuhan artistik pun menambah kesan unik dan menarik dalam ruangan. Para professional akan senang berlama-lama di ruangan ini.

Simmons & Simmons di Amsterdam dan Concrete di Jakarta menerapkan konsep ini di lobby kantornya. Sedikit sentuhan warna cerah pada sofa dan pajangan menjadikan ruangan tampak tidak membosankan. Penerangan yang tidak berlebihan pun diterapkan di lobby Kantor dengan konsep modern minimalis ini.

Industrialis
Desain interior dengan tema industrialis sudah banyak diminati di berbagai lapisan masyarakat. Dominasi warna abu di ruangan, tekstur semen pada dinding dan lantai, lampu-lampu yang digantung rendah, serta pipa-pipa yang sengaja ditampilkan merupakan ciri khas desain ruangan dengan konsep ini. C6 Bank Offices di Sao Paolo, Brazil merupakan contoh lobby kantor yang memilih menerapkan konsep ini.

Konsep industrialis menimbulkan kesan nyaman, tenang, dan ramah untuk pegawai yang bekerja di sini. Sementara itu, warna cerah yang ditempelkan pada sedikit dekorasi dan sebagian kecil dinding dapat memberikan kesan segar pada ruangan. Ruangan ini sangat mencerminkan generasi muda millennial masa kini.

Homey
Membawa suasana rumah untuk bekerja sangat tepat. Perasaan tenang, santai, dan rileks dapat memacu produktivitas kerja dengan sangat cepat. Kenyamanan dari desain interior lobby kantor modern yang homey pun tidak perlu diragukan lagi.

Lobby kantor dengan konsep homey bercirikan ruangan-ruangan yang difungsikan seperti ruang keluarga di rumah. Sofa yang empuk lengkap dengan bantalnya merupakan interior yang tidak bisa ditinggalkan dalam konsep ini. Bean bag juga menjadi interior andalan dari ruangan berkonsep homey. EV Hive di Jakarta merupakan contoh lobby kantor yang kental dengan konsep ini.

Café
Lobby kantor dengan konsep café berusaha menggabungkan ruang kerja dengan café. Biasanya, desain interior minimalis menjadi pilihan untuk ruangan berkonsep ini. Warna-warna yang dipilih pun berkutat di warna yang menenangkan dan membawa nuansa hangat seperti warna earth-tone atau pastel.

Desain interior lobby kantor 03

Meja dan kursi di lobby kantor dengan konsep ini disusun menyerupai café. Bangku yang menempel pada tembok seperti tampak pada T-Mobile Headquarters di Bellevue dan WeWork di Jakarta pun menunjukkan ciri khas interior café. Tak lupa, meja tinggi turut serta meramaikan desain interior lobby kantor modern dengan konsep ini.

Tips Desain Interior lobby Kantor Modern yang Nyaman

Menciptakan desain interior lobby kantor modern yang nyaman merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Lobby kantor yang nyaman melepaskan segala kesan kaku dan formal yang muncul pada kantor. Aspek inilah yang menjadi nilai jual utama sebuah lobby kantor . Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Menentukan Fungsi Ruang
Langkah pertama dalam mendesain lobby kantor adalah menentukan fungsi ruangan-ruangan yang akan ada di lobby kantor tersebut. Misalnya, sebuah lobby kantor akan menghadirkan ruang kerja bersama, ruang semi-privat, ruang privat, ruang pertemuan, dan ruang diskusi. Selain itu, fasilitas pendukung yang ingin dihadirkan pun harus ditentukan. Fungsi ruang ini nantinya dapat menentukan jumlah maksimal pengunjung yang dapat memenuhi lobby kantor dalam satu waktu.

Memilih Tema Utama
Memilih tema utama merupakan satu langkah besar selanjutnya. Tema yang dipilih akan menentukan langkah desain selanjutnya. Pemilihan tema ini bisa menyesuaikan mayoritas target pengunjung dari lobby kantor yang dibangun.

Mendesain Layout Ruang dengan Cermat
Desain layout ruang berkaitan erat dengan zonasi pada lobby kantor. Zonasi ini akan menentukan tata letak area yang umum, privat, area tempat fasilitas pendukung, serta area pendaftaran. Dengan menentukan zonasi secara cermat, akses, pencahayaan, dan aliran udara dapat diatur dengan ideal.

Desain interior lobby kantor 01

Memilih Furnitur yang Ideal
Furnitur merupakan komponen yang sangat menentukan tingkat kenyamanan sebuah lobby kantor . Meja dan kursi kerja merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Dimensi meja yang ideal serta kursi yang mendukung postur tubuh dalam bekerja adalah inti dari furnitur dalam lobby Kantor .

Warna serta jenis furnitur yang dipilih dapat disesuaikan dengan tema utama yang ditentukan. Bean bag dapat dipilih untuk lobby kantor dengan tema homey, misalnya. Atau kursi dengan dudukan tinggi dapat menunjang desain industrialis yang dipilih.

Menyediakan Fasilitas Pendukung
Fasilitas pendukung juga menjadi penentu jumlah pengunjung yang datang ke lobby kantor . Alat-alat perkantoran seperti printer, scanner, mesin fotokopi, dan layar besar yang dapat digunakan untuk presentasi tentunya menjadi alasan kuat bagi pengunjung untuk datang ke lobby kantor dengan fasilitas tersebut. Bekerja menjadi lebih mudah dan nyaman dengan ketersediaan alat-alat itu.

Fasilitas lain yang memiliki nilai tambah pada aspek kenyamanan juga harus diperhatikan. Dispenser dan mesin pembuat kopi biasanya dapat memenangkan hati pengunjung. Beberapa lobby kantor bahkan menyediakan ruangan khusus untuk bermain e-sport demi mengantisipasi kejenuhan bekerja para pengunjung.

Kesimpulan

Lobby kantor merupakan area kerja alternatif di luar kantor yang mengusung konsep ruangan terbuka. Tempat ini dapat dimanfaatkan sebagai lounge, ruang tamu, resepsionis atau  ruang tunggu. Konsep ruangan terbuka yang diterapkan di lobby kantor diharapkan berguna untuk interaksi pengunjung yang datang mau pun antar karyawan.

Terdapat beberapa tema yang dapat dipilih untuk menciptakan aspek nyaman pada lobby kantor . Tema ini dapat ditentukan dengan mempertimbangkan target pengunjung yang datang ke lobby kantor . Tema yang dipilih nantinya akan menentukan banyak hal berkaitan dengan desain interior lobby kantor modern seperti furnitur, pemilihan warna, serta pencahayaan.

Advertisement
GRATIS konsultasi interior >