Desain Ruang Kantor Sederhana
Desain kantor Ruko

Desain Ruang Kantor Sederhana

Desain Ruang Kantor Sederhana, Alami Modern – Menciptakan ruang kantor yang tampak luas tentunya merupakan sebuah tantangan, terutama jika harus mengutamakan kesan yang sederhana tetapi tetap modern. Menghasilkan desain ruang kantor sederhana, alami namun modern ini  dibangun oleh kantor TKSTYLE yang berlokasi di Jiaxing, China. Memakai material bangunan yang sederhana tetapi dengan desain yang jelas, maka seisi kantor memiliki kesan yang kuat akan konsep simpel minimalis.  Silakan baca lebih detail, telusuri & lihat foto-foto ruangan di beberapa area kantor TKSTYLE di bawah ini.

Desain Ruang Kantor Sederhana di Area Resepsionis

Memasuki area yang paling depan, yaitu ruangan penerima tamu. Kesan pertama yang bisa dirasakan adalah suasana ruangan yang bergaya klasik. Di satu sisi juga terlihat luas karena minimnya sekat yang terdapat di area tersebut. Dari kejauhan bisa dilihat pembatas tangga yang terbuat dari bahan kaca transparan. Sehingga membuat pandangan dapat menembus ke dinding dan menghasilkan kesan tanpa batasan.

Untuk pilihan furnitur, terdapat sofa berbahan kain warna abu-abu tua. Kemudian dipadukan dengan dinding batu yang berwarna serupa. Sementara lantainya dipilih lantai warna abu-abu semen dipadukan dengan lantai marmer mengkilap warna abu-abu bercorak. Kombinasi tersebut memberikan kesan desain ruang kantor sederhana dengan pilihan warna senada. Sehingga secara keseluruhan ruangan terlihat selaras. Ditambah pilihan dinding atas serta atap warna putih, supaya ruangan terlihat cerah dan tidak suram.

desain ruang kantor sederhana area resepsionis

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Resepsionis

Jika dilihat dari dekat, ruangan penerima tamu ini rupanya terlihat lebih alami. Lihat saja dari susunan paduan sofa abu dengan meja kayu warna coklat kecil berbentuk lingkaran. Di bawah meja terdapat karpet persegi dengan warna abu-abu juga. Sedangkan untuk aksesoris lainnya dipilih meja sudut dengan corak yang sama dan tanaman hias di sudut ruangan. Kombinasi aksesoris ini memberikan hasil desain ruang kantor sederhana serta natural.

Dari kejauhan tampak anak tangga yang memakai bahan partikel kayu warna coklat muda. Dipadukan dengan pintu kayu di sudut ruangan warna senada, membuat desain ruang kantor sederhana ini juga tampak natural atau alami. Apalagi pencahayaannya juga minimalis dan ditunjang oleh cahaya sinar matahari yang langsung dating dari arah luar. Konsep ini juga membuat kesan lapang sangat terasa. Karena antara lantai bawah dan atas juga tidak memiliki sekat berarti sehingga plafon yang tinggi membuat ruangan terasa sangat luas.

desain ruang kantor sederhana serta luas

Desain Ruang Kantor Sederhana dengan Kesan Leluasa

Dilihat dari sisi yang lain lagi, konsep desain ruang kantor sederhana tampak dari pilihan nuansa warna serta material yang dipilih. Secara keseluruhan ruangan ini menggunakan bahan dasar semen, baik untuk balok ruangan maupun untuk ornament di dinding. Bahkan di sepanjang pinggir ruangan juga terbuat dari semen yang telah dipoles halus. Tentu kesan sederhana dan minimalis ini tetap terlihat modern berkat pilihan beragam aksesoris pemanis ruangan tersebut. Seperti misalnya yang terletak di meja sudut maupun di tengah meja tamu. Selain itu langit-langit juga tampak jelas tidak menggunakan plafon. Sehingga sambungan kolom terlihat jelas, termasuk lampu-lampu yang dipasang sederhana memanjang rapi dengan warna putih.

desain ruang kantor sederhana

Desain Ruang Kantor Sederhana yang Leluasa

Lebih dekat ke bagian tepi ruangan diletakkan alas duduk berwarna coklat muda. Material alas tersebut dilapisi kulit sintetis, disediakan pula bantal dengan motif abstrak, ditambah karpet bulu binatang warna abu-abu mendekati coklat. Ditempatkan lampu warna putih di sudut untuk baca di malam hari dan di sisi lain tampak hiasan beberapa patung klasik. Pada akhirnya tampilan area tersebut menciptakan desain ruang kantor sederhana dengan kesan modern serta sedikit klasik. Dengan pencahayaan dari arah jendela yang terang, maka seisi aktivitas dalam ruangan tersebut tentunya jelas terlihat.

Desain Ruang Kantor Sederhana yang Minimalis

desain ruang kantor sederhana nuansa alami

Desain Ruang Kantor Sederhana dengan nuansa alami

Masuk ke bagian dalam kantor tersebut, tampak sebuah ruangan minimalis dengan warna netral. Bagian dinding berupa bahan semen abu-abu yang dipadukan dengan dinding polos warna putih. Sementara seperti halnya di bagian depan, balok penghubung antar ruangan terlihat jelas. Terdapat tangga yang menuju ke atas dengan bahan besi ringan warna hitam. Demikian pula dengan anak tangga yang berwarna hitam. Paduan warna-warna tersebut sukses menghadirkan desain ruang kantor sederhana seperti konsep awalnya.

desain ruang kantor sederhana yang minimalis

Desain Ruang Kantor Sederhana yang Minimalis

Dilihat lebih dekat ke salah satu sudut ruangan, rupanya terdapat pintu berwarna coklat yang terbuat dari kayu. Sedangkan lantainya dipilih bahan semen abu yang telah diperhalus sehingga tampak mengkilap. Di dekat pintu terdapat sebuah bangku warna hitam. Selanjutnya, tidak tampak furnitur lain yang menghiasi ruangan tersebut. Pencahayaannya juga diatur sederhana, cukup terletak di sekeliling ruangan yang terselip antara dinding semen dan dinding putih di atasnya. Secara keseluruhan konsep desain ruang kantor sederhana yang diutamakan dalam ruangan ini sangat menonjol. Ruangan terlihat sangat lapang, sehingga karyawan tidak perlu bertabrakan dan bebas beraktivitas di area tersebut.

desain ruang kantor sederhana dengan pintu yang kreatif

Desain Ruang Kantor Sederhana dengan Pintu yang Kreatif

Jika dilihat lebih detail, ternyata bagian pintu didesain tanpa pegangan. Terlihat bahwa pintu tersebut memiliki model berputar. Di balik pintu tampak jelas area di bagian penerima tamu kantor yang terang. Sehingga ketika pintu dibuka maka pencahayaan dari luar akan masuk ke dalam ruangan dengan maksimal. Konsep ini cukup unik dan lain daripada yang lain. Jadi walaupun mengutamakan desain ruang kantor sederhana, tetapi ada sentuhan modern dan kreatif di dalamnya. Apalagi jika hamparan tali di atas balok ternyata berfungsi sebagai aksesoris sekaligus cahaya lampu yang unik.

dengan Pintu yang Kreatif

Desain Ruang Kantor Sederhana Namun Modern

Di balik pintu berputar, kembali terdapat sofa penerima tamu. Level lantai dengan dua anak tangga yang cukup lebar, sehingga tidak membahayakan keluar mau pun masuk di area pintu putar ke ruang sebelahnya. Desain ruang kantor sederhana tetap konsisten melalui pemilihan warna abu-abu serta material fabric yang simpel. Terdapat cermin bundar berkaki tiga di sudut ruangan sebagai pemanis. Sehingga walau minim aksesoris tetapi ruangan tetap bernuansa modern.

Desain Ruang Kantor Sederhana di Area Diskusi

Menuju ke salah satu area kerja dalam kantor tersebut, ternyata desain ruang kantor sederhana tetap konsisten. Hal ini tampak dari pilihan furnitur yang sangat minim. Contohnya pilihan sebuah kursi berwarna abu-abu yang dilengkapi dengan bulu binatang warna senada. Kesannya simpel tetapi nyaman untuk digunakan bekerja seharian. Sementara di lantai terhampar karpet dengan dominasi warna hitam putih dan dilengkapi cushion senada. Sementara untuk lantainya dipilih lantai parquet warna gading.

desain ruang kantor sederhana area diskusi

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Diskusi

Untuk aksesoris tambahan di dalam ruangan ini ada sebuah pemutar piringan hitam. Kemudian perapian yang menyala hangat di samping . Sementara dinding di seputarnya tetap memakai konsep lapisan semen alami warna abu-abu muda. Dipadu dengan sekat kaca transparan otomatis ruangan terlihat cozy. Sebagai pemanis tampak sebuah foto hitam putih yang bersandar di dinding memberi kesan artistik. Desain ruang kantor sederhana ini pada akhirnya tidak hanya simpel, tetapi nyaman untuk bekerja juga. Siapa pun yang memanfaatkan ruangan tersebut akan betah seharian dan merasakan atmosfer yang jauh dari perasaan tertekan.

Desain Ruang Kantor Sederhana area terbuka

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Terbuka

Di sisi lain ruangan kantor TKSTYLE juga terdapat ruangan luas dengan konsep minimalis. Terdapat kaca jendela yang lebar di dinding. Sehingga sinar matahari bebas masuk menyinari ruangan. Selain itu tampak dinding yang berwarna abu-abu dengan beberapa tulisan motivasi. Di sudut ruangan ditambahkan tanaman hijau. Hal ini membuat desain ruang kantor sederhana terlihat teduh. Sementara untuk atap dikombinasikan plafon kayu panel warna coklat muda dipadu dengan warna hitam. Sehingga satu dengan yang lain memberikan kesan kontras. Demikian juga dengan lantai maupun dindingnya yang berpadu antara warna abu-abu dan hitam.

desain ruang kantor sederhana

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Terbuka

Jika dilihat dari sebelah sisi yang lain, maka tampak jelas dominasi warna gelap di ruangan tadi, dengan detail pencahayaan lampu yang terpasang rapi di sekeliling pintu dan plafon, menekankan desain ruang kantor sederhana yang simpel. Apalagi tidak ada furnitur lain yang diletakkan di ruangan ini. Ruangan dibiarkan bebas supaya terlihat lapang. Hal ini akan memberi kebebasan penuh bagi para karyawan untuk bekerja maupun bersantai di area tersebut.

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Kamar Mandi

desain ruang kantor sederhana area kamar mandi

Gambar 1.12 Desain Ruang Kantor Sederhana Area Kamar Mandi

Beranjak ke kamar mandi di area kantor tersebut, sekilas terlihat area yang cukup luas. Dari luar terlihat kamar mandi dengan dominasi warna kayu alami yaitu coklat muda. Sementara di bagian depan terlihat dinding dengan material semen warna abu-abu muda seperti yang terdapat pada ruangan-ruangan sebelumnya. Desain ruang kantor sederhana yang ditekankan pada area tersebut terlihat jelas dari pilihan material minimalis. Baik dinding maupun lantai dibuat dari material yang sama. Untuk kesan asri hanya ditambahkan taman kecil yang penuh tanaman hijau di sampingnya. Untuk pemanis terdapat rangka besi ringan warna hitam seolah menjadi pagar bagi tanaman-tanaman tersebut.

desain ruang kantor sederhana

Desain Ruang Kantor Sederhana Area Kamar Mandi Mewah

Melihat lebih dalam ke area kamar mandi, konsepnya terlihat lebih jelas. Lantai ruang kamar mandi menggunakan lantai parquet warna coklat muda. Sedangkan di dekat dinding dilengkapi dengan bangku panjang berwarna dasar coklat yang ditambahkan bantalan sofa warna hitam. Dinding yang warna putih bersih memberikan kesan kontras berpadu dengan warna-warna lain di ruangan tersebut. Sedangkan di sisi lain terdapat meja berbahan marmer dengan warna putih dan sedikit corak abu-abu.

Untuk furnitur lainnya ditambahkan bak mandi porselen modern warna putih. Warna ini senada dengan beberapa foto di dinding serta cahaya lampu temaram warna kekuningan di ruangan tersebut. Berpadu dengan atap berwarna coklat muda dari bahan kayu, membuat pencahayaan ruangan jadi lebih maksimal. Sehingga konsep desain ruang kantor sederhana di area seputar kamar mandi ini juga tampak dengan jelas. Apalagi digunakan lemari tinggi besar yang simpel warna coklat tua. Ruangan jadi terkesan lapang. Walaupun mengusung konsep yang sederhana, melalui pilihan aksesoris pelengkapnya, area ini tetap terlihat modern. Secara keseluruhan ada gaya tersendiri yang tetap satu konsep dengan ruangan lain di dalam kantor tersebut. Yang pasti, desain ini memberikan kenyamanan yang maksimal bagi siapa pun yang bekerja di area kantor tersebut.

Desain Ruang Kantor Sederhana Ruang Direktur

desain ruang kantor sederhana ruang direktur

Desain Ruang Kantor Sederhana Ruang Direktur

Menuju salah satu ruangan kerja yang lain, maka ada suasana yang sedikit berbeda. Desain ruang kantor sederhana tetap terlihat dari pilihan furnitur yang minimalis, warna yang dipilih juga senada. Tidak terlalu banyak pilihan dan tidak juga saling bertabrakan satu dengan yang lain. Misalnya untuk meja kerja dipilih meja warna putih bersih. Senada dengan warna lampu sudut yang berwarna putih susu. Warna dinding juga berwarna putih senada. Apalagi lampu meja dan layar monitor juga berwarna senada. Konsep yang tetap dipertahankan yaitu warna kolom dalam ruangan tersebut yang tetap berwarna abu-abu dengan bahan semen halus. Demikian juga dengan lantainya yang tetap memilih lantai parquet kombinasi coklat muda. Supaya detailnya lebih menarik, dipilih kursi kerja warna hitam minimalis. Ruangan jadi terlihat luas dan terang, ditunjang oleh cahaya matahari dari jendela yang ada di dinding.

desain ruang kantor sederhana ruang direktur dengan sofa

Desain Ruang Kantor Sederhana Ruang Direktur dengan sofa

Sementara masih di ruangan yang sama, desain ruang kantor sederhana juga ditonjolkan dengan pilihan furnitur yang tidak beragam. Contohnya di ruang pertemuan tersebut digunakan kursi dengan dominasi warna hitam. Ruangan dibuat berkesan luas dengan tidak banyak kursi atau meja di sekelilingnya. Atapnya juga tidak menggunakan plafon sehingga balok di langit-langit terlihat jelas. Sebagai tambahan pencahayaan, digunakan lampu yang dipasang sejajar dan berurutan. Di sudut ruangan ditambahkan lemari pajangan minimalis. Sementara di sekeliling ruangan terdapat banyak jendela besar yang membantu supaya sinar matahari bebas menerobos masuk ke dalam ruangan. Pada akhirnya, ruangan ini terlihat nyaman untuk berdiskusi. Kesannya santai namun tetap fokus dan professional.

desain ruang kantor sederhana area hujau

Gambar 1.16 Desain Ruang Kantor Sederhana Area Hijau

Menuju satu sisi lainnya, terdapat ruangan kerja yang juga tak kalah nyaman. Dipilih kursi santai berbahan kain ditambah bantal yang terasa nyaman. Sementara terdapat meja kerja panjang warna coklat kayu dan karpet warna senada. Sehingga para karyawan bebas memilih bekerja di karpet atau di kursi tersebut. Supaya terlihat santai, terdapat sepetak taman kecil berisi tanaman hijau. Sehingga walau mengutamakan desain ruang kantor sederhana, tetapi sekeliling ruangan tetap asri dan sejuk. Sinar matahari juga dengan mudah masuk dari jendela yang lebar dan besar. Sehingga walau sedang berada di kantor, udaranya tetap terasa hangat.

desain ruang kantor sederhana

Desain Ruang Kantor Sederhana dengan Meja Toilet

Pada area tersebut terdapat meja toilet yang menggunakan material marmer klasik warna abu-abu, walau konservatif  tetapi terdapat sentuhan modern pada cermin sehingga tampak elegan, dipadukan dengan wastafel bundar warna putih bersih. Untuk pemanis terdapat tanaman yang terletak di dalam botol kecil. Walau sederhana tetapi tidak melupakan detail yang artistik. Supaya terlihat tampilan elegan ataupun klasik di area tersebut.

Menciptakan desain ruang kantor sederhana dari material yang sederhana memang tidak mudah. Karena itu perlu direncanakan sejak awal. Dengan memastikan konsep yang ingin ditekankan di seluruh ruangan, tentu hal ini dapat terlaksana dengan sempurna. Seperti halnya yang berhasil dilakukan oleh kantor TKSTYLE di atas. Oleh sebab itu, pertimbangkan pemakaian bahan serta warna-warna yang senada dengan kantor tersebut. Konsep sederhana, alami, namun tetap modern akan tercipta di ruko kantor Anda.

Advertisement
GRATIS konsultasi interior >